Statistik Laga Manchester City vs PSG: Lagi-lagi Tim Inggris di Babak Final!

robin -

Pep Guardiola

IDNGoal.news – Salah satu duel dua leg di babak semifinal Liga Champions telah menemukan pemenangnya. Manchester City dipastikan melaju ke final usai mengalahkan PSG pada leg kedua yang digelar di Etihad Stadium, Rabu (5/5/2021) dinihari tadi.

Secara keseluruhan, Manchester City mengalahkan PSG dengan agregat 4-1. Mereka juga berhasil memenangkan leg pertama yang digelar di markas PSG, Parc des Princes, dengan skor tipis 2-1.

Riyad Mahrez menjadi sosok penentu kemenangan the Citizens. Mantan penggawa Leicester City tersebut memborong kedua gol Manchester City yang lahir pada menit ke-11 dan 63. Gol terakhir dibantu oleh bintang muda the Citizens, Phil Foden.

Ada beberapa statistik penting yang patut diketahui dari pertandingan kali ini. Informasi selengkapnya yang disadur dari BBC Sport bisa disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

Statistik Manchester City vs PSG

1. Manchester City adalah tim Inggris ke-9 yang mampu melaju hingga ke final European Cup/Liga Champions; tiga klub lebih banyak dari negara lainnya (Jerman dan Italia – enam klub).

2. Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, menutup torehan empat kali tersingkir secara berturut-turut di babak semifinal Liga Champions. Ia juga berhasil mengantarkan timnya ke babak final untuk pertama kalinya sejak 2010/11 kala masih mengasuh Barcelona.

3. Manchester City memenangkan tujuh laga terakhirnya di Liga Champions, torehan terpanjang yang pernah dibukukan oleh tim Inggris dalam sejarah European Cup/Liga Champions. City juga menjadi tim pertama yang memenangkan 11 laga dalam satu musim European Cup/Liga Champions.

Statistik Manchester City vs PSG

4. Mauricio Pochettino lebih sering kalah di tangan Josep Guardiola ketimbang pelatih lain yang pernah ditemui selama karir kepelatihannya (12). 12 kemenangan Guardiola atas Pochettino menyamai torehan terbaiknya selama jadi pelatih (juga menang 12 kali saat melawan Manuel Pellegrini dan Sean Dyche).

5. PSG adalah tim ketiga yang menerima kartu merah dalam dua leg semifinal Liga Champions, setelah Deportivo vs Porto pada musim 2003/04 dan Lyon vs Bayern Munchen di 2009/10.

6. Phil Foden menjadi pemain Premier League keenam yang mampu mencatatkan dua digit gol (14) dan assist (10) dalam semua kompetisi musim ini, dan jadi satu-satunya pemain Manchester City yang melakukannya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?