Strategi Rotasi Unik di PSG yang Tergantung Keunggulan Skor

admin - Liga Europa

Dua pemain Paris Saint-Germain, Neymar dan Kylian Mbappe melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maccabi Haifa pada pekan ke-2 Grup H Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB.

IDNGoal.news – Skuat utama Paris Saint-Germain mudah sekali ditebak. Pilihannya itu-itu saja. Bahkan saat dihadapkan pada jadwal padat, rotasi pun jadi sangat tidak mungkin dilakukan.

Manajer Christophe Galtier mengakui soal rotasi yang terbilang minim di timnya saat ini. Namun, hal itu dilakukan bukannya tanpa alasan.

Galtier menjelaskan bahwa sulit baginya untuk melakukan rotasi apabila PSG gagal unggul dengan skor telak di suatu pertandingan. Jika tim bisa unggul telak lebih dulu, ia jadi nyaman melakukan pergantian pemain.

Akan tetapi semenjak menang 3-1 atas Maccabi Haifa pada pertengahan September 2022 lalu, PSG tidak pernah unggul dua gol atas lawannya. Sudah enam pertandingan PSG hanya bisa unggul satu gol atau justru ketinggalan lebih dulu.

Sulit Rotasi

Alhasil, Galtier pun mengaku sulit melakukan rotasi. Keunggulan tipis atau bahkan dalam keadaan tertinggal tentu tidak akan tepat jika malah mengeluarkan pemain utama dan menggantinya dengan pemain cadangan.

“Tentunya saya ingin kami bisa lebih nyaman dan punya keunggulan yang lebih besar di dalam pertandingan supaya bisa melakukan lebih banyak pergantian di pertandingan,” katanya dilansir dari laman resmi klub.

“Tetapi realitasnya, itu semua tergantung dengan kiper yang kami hadapi dan jadwal pertandingan yang ada, yang tentu saja kami kadang tidak tepat sasaran,” sambung dia.

Tidak Semudah yang Dibayangkan

Sementara itu, dengan skuat yang sudah ada sekarang, PSG juga tidak semudah itu untuk unggul telak. Buktinya pada pekan ke-10 Liga Prancis 2022/2023 saat PSG ditahan imbang 0-0 oleh tim papan bawah Reims.

Jadi hal yang sama bisa saja terjadi saat PSG akan melakoni pertandingan melawan AC Ajaccio yang sedang berada di zona degradasi. Galtier tetap memprediksi pertandingan akan berjalan sulit.

“Orang-orang berpikir bahwa kami akan mendapatkan pertandingan yang mudah. Tapi ingat, kami lawan Reims hanya imbang 0-0 dan kesulitan menjalaninya. Jadi kami harus bisa menang,” ucap dia.

Tetap Coba Rotasi

Pada akhirnya, Galtier mengatakan tetap akan coba melakukan rotasi sebisa yang dia lakukan. Sebab, ia melihat jadwal PSG saat ini tidak begitu bersahabat.

“Saya pikir tetap akan memainkan sejumlah pemain yang masih segar melawan Ajaccio. Saya masih memikirkan hal tersebut dan menyesuaikannya dengan jumlah pertandingan yang akan kami mainkan,” tutup dia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?