Sudah 32 Tahun, Berapa Lama Lionel Messi Mampu Bertahan?

robin -

Lionel Messi

IDNGoal.news – Lionel Messi baru saja meraih Ballon d’Or keenam sepanjang karirnya. Lionel Messi meraihnya pada usia yang sudah 32 tahun. Lantas, sampai kapan Lionel Messi akan bertahan di level paling atas sepak bola dunia?

Lionel Messi menunjukkan performa yang gemilang bersama Barcelona di musim 2018/2019. Walau hanya meraih gelar juara La Liga, tetapi La Pulga memberi warna tersendiri atas sukses klub asal Katalan.

Musim lalu, Lionel Messi mencetak 36 gol di La Liga. Dia menjadi top skor La Liga, sekaligus menjadi top skor Eropa musim 2018/2019. Selain itu, Lionel Messi juga mencetak 12 gol di Liga Champions.

Lionel Messi masih menunjukkan performa yang konsisten pada musim 2019/2020. Nah, pertanyaan besarnya, sampai kapan Lionel Messi akan berada di level atas karena kini usianya sudah 32 tahun?

Lionel Messi Segera Habis?

Usia 32 tahun acap kali disebut sebagai masa senja karir seorang pemain sepak bola. Beberapa pemain mulai menurun pasca usia tersebut dan masuk fase persiapan menuju pensiun. Dan, akankah itu terjadi pada Lionel Messi?

“Sepertinya tidak ada tanggal kedaluwarsa pada kecemerlangan Lionel Messi,” tulis jurnalis Marca, Jose Luis Hurtado.

Jose Luis Hurtado begitu kagum dengan konsistensi Lionel Messi. Dia pertama kali meraih Ballon d’Or pada 2009. Sepuluh tahun berselang, dia masih ada di level yang sama san meraih enam gelar Ballon d’Or.

“Berapa lama dia akan bertahan?”

“Beberapa orang berpendapat bahwa hari-hari terbaiknya sudah di belakangnya, tetapi kemudian dia memberikan kinerja yang memenangkan pertandingan seperti melawan Atletico Madrid dan mereka terdiam lagi. Dia masih bisa pergi selama beberapa tahun lagi,” kata Jose Luis Hurtado.

Kasus Diego Maradona dan Pele

Kasus Diego Maradona dan Pele

Pele Merayakan kemenangan Brasil di Final Piala Dunia 1970 © FIFA

Cristiano Ronaldo menjadi bukti bahwa dia masih konsisten pada usia yang tidak muda. Saat ini, pemain Juventus sudah berusia 34 tahun dan bertahan di level paling atas sepak bola dunia.

Tetapi, ada beberapa pemain yang mulai tenggelam pasca berusia 30 tahun, bahkan sebelumnya. Diego Maradona salah satunya. Dia mulai tenggelam pada usia 30 tahun, pasca meraih segala prestasi gemilang pada zamannya.

Pele juga mengalami fase yang hampir sama. Pasca 30 tahun, legenda hidup sepak bola Brasil tersebut mulai menurun.

Pada cabang olahraga berbeda, Michael Jordan menunggu sampai dia berusia 28 tahun untuk kemenangan NBA pertamanya dan karirnya mulai menurun pada usia 35 tahun.

Roger Federer, Rafael Nadal dan Novak Djokovic masih pemain tenis elit dunia. Federer kini berusia 38 tahun, sedangkan Nadal berusia 33 tahu. Djokovic berusia 32 tahun. Mereka masih di level atas tenis dunia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?