Super Clasico! Barcelona dan Real Madrid dalam Bentuk Terbaik Sebelum Duel Sengit

robin -

Sergio Ramos

IDNGoal.news – Duel Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou 19 Desember 2019 mendatang diyakini bakal lebih seru dari yang biasanya. Dua raksasa La Liga itu siap menyuguhkan pertunjukan menarik dengan level terbaik, Super Clasico!

Ketika duel yang seharusnya dimainkan pada 26 Oktober ini ditunda, baik Barca maupun Madrid dikelilingi keraguan dan pertanyaan besar. Performa mereka saat itu tidak meyakinkan, tapi sekarang tidak lagi.

Saat itu, tim asuhan Ernesto Valverde tampil mengecewakan meski mengalahkan Slavia Praha. Di sisi lain, masa depan Zinedine Zidane dipertaruhkan usai Madrid takluk dari Real Mallorca.

23 Oktober, El Clasico resmi ditunda karena insiden demo besar-besaran di Barcelona. Penundaan ini sempat diduga bakal merugikan, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Sudah Berbeda

Penundaan itu ternyata justru menguntungkan, kedua tim punya waktu untuk mengembangkan permainan terbaik mereka. Jika dipaksakan bermain pada Oktober lalu, sepertinya kualitas duel itu tidak akan sebaik sekarang.

Di Barcelona, Messi sedang melaju gila-gilaan dengan 13 gol dalam 11 pertandingan. La Pulga baru meraih Ballon d’Or ke-6, dia sedang sangat termotivasi.

Di Madrid, Zidane telah menemukan permainan terbaik timnya. Los Blancos tampil stabil dan komplet, dengan Karim Benzema sebagai andalan di lini serang.

Pertemuan Terakhir

El Clasico hampir tidak pernah berakhir imbang. Tercatat, pada 10 duel El Clasico terakhir di Camp Nou, Madrid hanya bisa menang tiga kali. Terakhir pada musim 2016/16 lewat sundulan Sergio Ramos, sebelumnya pada musim 2015/16 dan 2011/12.

Barcelona masih terlalu tangguh di Camp Nou. Mereka pernah memetik sejumlah kemenangan yang terus diingat, khususnya ketika mencetak lima gol ke gawang Madrid pada musim 2018/19 ataupun 2010/11.

Sekarang, Barcelona tengah melangkah dalam momentum positif. Ivan Rakitic bahkan bisa bermain lagi, Antoine Griezmann tampak kian menyatu di lini serang.

Kebangkitan Madrid

Barca sedang kuat, tapi Madrid pun tidak bisa diremehkan. Zidane telah menegaskan status Madrid sebagai pesaing juara La Liga musim ini, yang terbukti pada beberapa laga terakhir.

Sejak kekalahan dari Mallorca pada Oktober lalu, Los Blancos hanya kebobolan dua gol dari enam pertandingan. Hanya Atletico Madrid yang menorehkan catatan lebih baik dari itu,.

Karim Benzema menjelma jadi striker yang lebih tajam, dengan 11 gol di La Liga. Benzema hanya kalah dari Lionel Messi pada daftar top scorer sementara.

Camp Nou-nya Zidane?

Juga, yang tidak bisa diabaikan adalah catatan impresif Zidane di Camp Nou. Pelatih asal Prancis ini belum pernah merasakan kekalahan di Camp Nou selama menangani Madrid.

Pada era pertama Zidane lalu, Madrid memetik dua kemenangan – La Liga dan Supercopa – dan dua hasil imbang di Camp Nou. Zidane bisa jadi pelatih Madrid pertama yang menyambangi Camp Nou lima kali beruntun tanpa kekalahan.

Biar begitu, pasukan Ernesto Valverde mulai menemukan performa terbaik mereka. Duel dua tim ini bakal menarik, sengit seperti biasa, Super Clasico!

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?