Taktiknya di Timnas Belanda Dikritik Virgil van Dijk, Louis van Gaal Bodo Amat

admin - Piala Dunia

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal

IDNGoal.news – Louis van Gaal ogah mempermasalahkan kritik terkait formasi yang ia dapat dari anak asuhnya sendiri di Timnas Belanda dan bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk.

Seperti diberitakan sebelumnya, Van Dijk secara terang-terangan menyatakan rasa tidak sukanya terhadap formasi 3-4-1-2 yang diterapkan Van Gaal di Belanda.

“Apa saya suka formasi ini? Saya masih lebih menyukai 4-3-3, tetapi saya bukan pelatih dan pelatih punya opini kuat soal perubahan ini,” tutur Van Dijk.

Balasan Louis van Gaal

Van Gaal pun kemudian ditanya soal respons dirinya terhadap pengakuan Van Dijk yang tak senang dengan taktik dalam formasi 3-4-1-2 pilihannya.

Van Gaal yang merupakan sosok senior di persepakbolaan Belanda pun menegaskan bahwa ia tak mau terlalu ambil pusing atas pernyataan Van Dijk tersebut.

“Saya tahu dia memiliki preferensi itu, dia selalu mengatakan ini di depan umum. Kami sudah memiliki perdebatan ini ketika saya datang ke sini. Manajer yang memutuskan taktik,” tegas Van Gaal seperti dikutip Manchester Evening News.

Belanda Menuju Piala Dunia 2022

Belanda sendiri telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 nanti. De Oranje memuncaki Grup G dalam babak kualifikasi zona Eropa.

Ini akan menjadi Piala Dunia kedua De Oranje bersama Van Gaal sebagai pelatih. Sebelumnya, Van Gaal pernah membawa Belanda meraih peringkat ketiga pada pentas Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil.

Van Gaal bakal kembali menguji formasi 3-4-1-2 andalannya kala Belanda menghadapi Jerman pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB besok.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?