Tanpa Cristiano Ronaldo, Inilah 10 Pemain dengan Nilai Pasar Termahal

robin -

Sadio Mane

IDNGoal.news – Transfermarkt tidak hanya menyediakan statistik seorang pesepakbola saja. Situs asal Jerman tersebut juga kerap menyajikan perkiraan nilai pasar pemain.

Nilai pasar bagi seorang pemain adalah harga si pemain saat ini. Referensi tersebut bisa dijadikan sebagai banderol bagi sebuah klub jika ingin menjual pemain ke tim lain.

Namun, nilai pasar terkadang tidak bisa dijadikan acuan sebagai harga pemain. Contoh kasusnya seperti saat Paris Saint-Germain (PSG) membeli Neymar dari Barcelona pada 2017.

Saat itu, nilai pasar Neymar hanya 100 juta euro atau setara dengan Rp1,5 triliun rupiah. Namun, nilai transfernya membengkak lebih dari dua kali lipat menjadi 220 juta euro (Rp3,4 triliun).

Dari data Transfermarkt, Lionel Messi berada di posisi ke-9 dalam daftar pemain dengan nilai pasar tertinggi di dunia. Bintang Barcelona itu dihargai 112 juta euro (Rp1,7 triliun).

Nilai pasar Messi makin lama makin menurun bukan karena produktivitasnya, melainkan karena ia mulai termakan usia. Kini, kapten Timnas Argentina itu telah berumur 32 tahun.

Disebabkan faktor yang sama dengan Messi, karena usia, Cristiano Ronaldo hanya menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi nomor 46. Penyerang berusia 35 tahun itu bisa dibeli di kisaran bujet 60 juta euro (Rp949 miliar).

Selain Lionel Messi, siapa saja pemain dengan nilai pasar tertinggi berdasarkan catatan Transfermarkt?

Kylian Mbappe (PSG – 180 juta euro, Rp2,8 triliun)

Kylian Mbappe (PSG - 180 juta euro, Rp2,8 triliun)

Kylian Mbappe. © AP Photo

Mbappe menjadi wonderkid yang memiliki market value tertinggi. Pemain berusia 21 tahun ini telah mengoleksi 18 gol dari 20 pertandingannya bersama PSG di musim ini.

Raheem Sterling (Manchester City – 128 juta euro, Rp2 triliun)

Raheem Sterling (Manchester City - 128 juta euro, Rp2 triliun)

Penyerang Manchester City, Raheem Sterling © AP Photo

 

Ketajaman Raheem Sterling bersama Manchester City kian terasah. Pada musim ini, pemain berkebangsaan Inggris itu sudah membukukan total 20 gol dari 39 penampilan di semua kompetisi.

Neymar (PSG – 128 juta euro, Rp2 triliun)

Harga pasar Neymar terpaut jauh dari nilai pembeliannya di tahun 2017 lalu senilai 220 juta euro. Pada musim ini, Neymar sudah mengantongi 18 gol dari 22 penampilan di berbagai ajang.

Sadio Mane (Liverpool – 120 juta euro, Rp1,8 triliun)

Pemain asal Senegal ini menjelma menjadi Penyerang ganas bersama Mohamed Salah dan Firmino di lini depan Liverpool. Selama berseragam The Reds, Mane telah menorehkan 59 gol di kompetisi Premier League.

Mohamed Salah (Liverpool – 120 juta euro, Rp1,8 triliun)

Salah merupakan bintang sepak bola muslim yang dikenal taat dan rajin menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Bahkan Salah tetap menjalankan ibadah puasa saat tampil final Liga Champions 2018/19.

Harry Kane (Tottenham – 120 juta euro, Rp1,8 triliun)

Harry Kane merupakan bomber utama Tottenham. Sebelum mengalami cedera, kapten Timnas Inggris tersebut berhasil mencatatkan 17 gol dan dua assist dari 25 kali penampilan.

Kevin De Bruyne (Manchester City – 120 juta euro, Rp1,8 triliun)

Pemain Manchester City ini dikenal dengan umpan-umpan matangnya untuk lini depan Manchester City. De Bruyne telah menyumbang 20 assist untuk Manchester City di musim ini.

Jadon Sancho (Borussia Dortmund – 117 juta euro, Rp1,8 triliun)

Jadon Sancho sedang menjadi buruan beberapa raksasa Eropa saat ini menyusul performanya yang gemilang. Ia sudah membukukan 20 gol dan 20 assist dari 40 penampilan bersama Borussia Dortmund.

Lionel Messi (Barcelona – 112 juta euro, Rp1,7 triliun)

Lionel Messi masih menjadi andalan Barcelona sampai sekarang. Pada musim ini, pria berkebangsaan Argentina tersebut sudah 24 gol dan 16 assist dari 31 penampilan di semua kompetisi.

Trent Alexander-Arnold (Liverpool – 99 juta euro, Rp1,5 triliun)

Trent Alexander-Arnold (Liverpool - 99 juta euro, Rp1,5 triliun)

Bek kanan Liverpool yang baru berusia 21 tahun ini mampu tampil apik di seiap laganya. Alexander-Arnold memiliki market value 99 juta euro saat ini.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?