Target Shin Tae-yong di Kuwait Meleset, Untungnya Timnas Indonesia Tetap Lolos ke Piala Asia 2023

admin - Tim Nasional

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

IDNGoal.news – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui bahwa satu targetnya gagal tercapai di Kuwait meski pada akhirnya ia sukses membawa timnya lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Target Shin Tae-yong tersebut adalah meraih dua kemenangan dan sekali hasil imbang. Marc Klok cs memang mampu dua kali meraih tiga poin, tetapi satu laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Skuad Garuda menang 2-1 atas Kuwait dan melumat Nepal tujuh gol tanpa balas, namun kalah 0-1 dari Yordania.

Sebenarnya, Shin Tae-yong menginginkan Timnas Indonesia dapat mengimbangi Yordania yang notabene tim terkuat di Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Sebelum datang ke Kuwait. Ada rencana untuk meraih dua kemenangan dan sekali imbang,” kata Shin Tae-yong.

“Saya mengincar hasil imbang ketika Timnas Indonesia melawan Yordania. Begitulah rencana saya,” jelasnya.

Sudah Cukup

Untungnya, pencapaian dua kemenangan dan sekali kalah sudah cukup untuk mengantar Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Timnas Indonesia mampu bermain di Piala Asia 2023 dengan status satu dari lima runner-up terbaik pada kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023.

Dalam partai terakhir Grup A, Timnas Indonesia menghajar Nepal 7-0, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh Dimas Drajad pada menit keenam, brace Witan Sulaeman menit ke-43 dan 81.

Lolos ke Piala Asia 2023 Sudah Sesuai Rencana

Selain itu, gol Fachruddin Aryanto pada menit ke-54, Saddil Ramdani menit ke-55, Elkan Baggott menit ke-80, dan Marselino Ferdinan menit ke-90 berkontribusi untuk kemenangan Timnas Indonesia.

“Karena kami melakukan yang sangat baik dalam pertandingan pertama, pada dua partai berikutnya berjalan lebih smooth,” imbuh Shin Tae-yong.

Satu rencana pelatih asal Korea Selatan itu untuk meraih dua kemenangan dan sekali seri memang meleset. Namun, satu lagi keinginannya pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 tepat sasaran.

“Timnas Indonesia pun lolos ke Piala Asia 2023. Semuanya sudah sesuai rencana kami,” terang pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia mengakhiri Grup A Grup A kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023 sebagai runner-up dengan enam poin, terpaut tiga angka dari Yordania sang pemegang singgasana.

Dalam daftar pemeringkatan runner-up terbaik, Timnas Indonesia bercokol di urutan kedua di bawah Kirgistan yang meraih tujuh angka.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?