Termasuk Cristiano Ronaldo, Ini 10 Striker di Atas 30 Tahun dengan Mahar Paling Tinggi

robin - Uncategorized

Cristiano Ronaldo

IDNGoal.news – Bagi pesepak bola profesional, khususnya di posisi penyerang, usia adalah sebuah lawan yang harus dihadapi. Kemampuan mereka dinilai bakal menurun seiring usia yang merambat senja.

Dalam sepak bola saat ini, usia 30 tahun menjadi batas seorang pesepak bola, terutama penyerang, mulai disebut merambat tua. Seiring bertambahnya usia setelah melewati angka 30, kecepatan dan atribut fisik seorang pemain umumnya mulai turun.

Hal ini berdampak pula terhadap nilai pasar para pemain tersebut. Nilai pasar mereka akan mulai menunjukkan penurunan. Sementara, nilai pasar juga kerap berbanding lurus dengan mahar yang harus dikeluarkan untuk meminang pemain tersebut.

Namun, ada sejumlah pemain yang tetap dimahari tinggi kendati usianya sudah melewati 30 tahun. Belakangan ada nama peyerang Selandia Baru, Chris Wood, yang dimahari 30 juta euro kala dipinang Newcastle United.

Wood bukan satu-satunya penyerang yang tetap dimahari tinggi kendati sudah berusia di atas 30 tahun. Ada sejumlah pemain lain yang juga tetap mahal kendati sudah beranjak tua.

Siapa saja para penyerang di atas 30 tahun dengan mahar paling mahal? Berikut sepuluh di antara mereka.

Olivier Giroud

Olivier Giroud berada di peringkat kesepuluh dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi. Pemain asal Prancis ini dimahari 17 juta euro kala dipinang Chelsea dari Arsenal pada musim 2017/2018 lalu.

Namun, kendati tergolong tinggi, mahar ini sejatinya lebih rendah dari banderol Giroud. Waktu itu, Giroud, yang berusia 31 tahun ditaksir memiliki banderol 20 juta euro.

Zlatan Ibrahimovic

Posisi sembilan dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi ditempati Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia ini dimahari 21 juta euro kala dipinang PSG dari AC Milan pada musim 2012/2013 lalu.

Sama seperti Giroud, mahar Ibra ini sejatinya lebih rendah dibanding nilai pasarnya. Waktu itu, Ibra -yang berusia 31 tahun- ditaksir memiliki banderol 37 juta euro.

Nikola Kalinic

Di urutan kedelapan dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi ada nama Nikola Kalinic. Pemain asal Kroasia ini dimahari 22 juta euro kala dipinang AC Milan dari Fiorentina pada musim 2018/2019 lalu.

Mahar Kalinic ini lebih besar ketimbang nilai pasarnya waktu itu. Kalinic, yang saat itu berusia 30 tahun, ditaksir memiliki nilai pasar 14 juta euro.

Marko Arnautovic

Marko Arnautovic menempati posisi tujuh dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi. Pemain asal Austria ini dimahari 25 juta euro kala diboyong Shanghai SIPG dari West Ham pada 2019/2020 lalu.

Mahar ini sejatinya lebih rendah dari banderol Arnautovic. Waktu itu, Arnautovic -yang berusia 30 tahun tersebut- ditaksir memiliki nilai pasar 35 juta euro.

Samuel Eto’o

Peringkat keenam dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi ditempati Samuel Eto’o. Pemain asal Kamerun ini dimahari 27 juta euro kala bergabung dengan Anzhi Makhachkala pada 2011/2012 silam.

Mahar Makhachkala ini tergolong sangat kecil bagi Eto’o. Pasalnya, waktu itu, Eto’o -yang berusia 30 tahun tersebut- ditaksir memiliki nilai pasar 35 juta euro.

Diego Milito

Diego Milito menempati urutan kelima dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi. Pemain asal Argentina ini dimahari 28 juta euro kala bergabung dengan Inter Milan pada musim 2009/2010 lalu.

Bagi Milito, mahar ini tergolong sangat tinggi. Pasalnya, waktu itu, Milito -yang berusia 30 tahun tersebut- ditaksir memiliki nilai pasar 16 juta euro.

Anthony Modeste

Anthony Modeste mengisi peringkat keempat dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi. Pemain asal Prancis tersebut dimahari 29 juta euro kala diboyong Tianjin Tianhai dari FC Koln pada 2018/2019 lalu.

Bagi Modeste, mahar ini juga sangat tinggi. Pasalnya, waktu itu, Modeste -yang berusia 30 tahun tersebut- memiliki banderol 16 juta euro.

Chris Wood

Di peringkat ketiga dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi ada nama Chris Wood. Pemain asal Selandia Baru ini dimahari 30 juta euro kala dipinang Newcastle United dari Burnley pada bursa transfer musim dingin 2021/2022 ini.

Bagi Wood, mahar ini sangat luar biasa. Pasalnya, banderol pemain 30 tahun ini ditaksir ‘hanya’ sebesar 6 juta euro.

Gabriel Batistuta

Urutan kedua dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi ditempati Gabriel Batistuta. Pemain asal Argentina tersebut dimahari 16,15 juta euro kala dipinang AS Roma dari Fiorentina pada musim 2000/2001.

Sejauh ini, tidak diketahui apakah pembelian Batigol ini menguntungkan atau merugikan Roma secara finansial. Pasalnya, tidak ada data mengenai taksiran banderol pemain yang waktu itu berusia 31 tahun tersebut. Yang pasti, ia mampu membawa Serigala Ibu Kota menjadi kampiun Serie A dan menjuarai Piala Super Italia.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menempati posisi puncak dalam daftar sepuluh penyerang di atas 30 tahun dengan mahar tertinggi. Bintang Portugal ini dimahari 117 juta euro kala diboyong Juventus dari Real Madrid pada musim 2018/2019 lalu.

Mahar ini masih lebih besar dibanding nilai pasar Ronaldo waktu itu. Ronaldo, yang waktu itu berusia 33 tahun, ditaksir memiliki banderol 100 juta euro.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?