Termasuk Lewandowski, Ini Para Pencetak Gol Tercepat di Ajang Euro

robin -

Paul Scholes

IDNGoal.news – Perhelatan Piala Eropa bakal segera kembali bergulir. Setelah sempat tertunda selama setahun akibat pandemi Covid-19, ajang sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini bakal dihelat pada akhir pekan ini. Sebelas kota di sebelas negara berbeda akan menjadi tuan rumah gelaran ini.

Ajang ini akan menjadi gelaran ke-16 sepanjang sejarah perhelatan Piala Eropa. Dalam 15 ajang sebelumnya, menurut laman International Federation of Football History and Statistics, sudah 687 gol tercipta dari 286 pertandingan.

Dari nyaris 700 gol tercipta ini ada sejumlah gol yang tercipta ketika laga baru berjalan. Gol-gol cepat ini tak jarang mampu menentukan jalannya pertandingan.

Siapa saja para pencetak gol tercepat pada putaran final Piala Eropa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Paul Scholes

Paul Scholes berada di urutan kesembilan dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa. Gelandang Timnas Inggris ini mencetak gol kala laga berlangsung dua menit 42 detik kala menghadapi Timnas Portugal di fase grup Euro 2000.

Sayangnya, gol Scholes tak mampu membawa Inggris menang. Pada laga yang dihelat 12 Juni 2000 tersebut, The Three Lions harus menelan kekalahan 2-3 dari Portugal.

Hristo Stoichkov

Posisi delapan dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa ditempati oleh Hristo Stoichkov.

Penyerang Timnas Bulgaria ini mencetak gol saat pertandingan baru berlangsung dua menit dan 27 detik pada laga kontra Rumania di fase grup Euro 1996. Dalam pertandingan yang dihelat 13 Juni 1996 tersebut, Bulgaria sukses mengalahkan Rumania dengan skor 1-0.

Michael Owen

Michael Owen menempati peringkat ketujuh dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa.

Penyerang Timnas Inggris ini mencetak gol kala laga kontra Portugal di Perempat Final Euro 2004 baru berlangsung dua menit dan 25 detik. Pada laga yang dihelat pada 24 Juni 2004 ini, Owen dan kawan-kawan harus rela berbagi angka 2-2 dengan Portugal dalam waktu normal.

Petr Jiracek

Posisi enam dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa ditempati Petr Jiracek.

Gelandang Timnas Ceko ini mencetak gol kala pertandingan kontra Yunani di fase grup Euro 2012 baru berlangsung dua menit 14 detik. Dalam laga yang dihelat 12 Juni 2012 ini, Ceko sukses meraih kemenangan 2-1 dari Yunani.

Alan Shearer

Alan Shearer berada di peringkat kelima dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa.

Penyerang Timnas Inggris ini sempat mencetak gol kala menghadapi Timnas Jerman di Semifinal Euro 1996. Ia mencetak gol tersebut kala laga baru berlangsung dua menit 14 detik. Dalam laga yang digelar 26 Juni 1996 tersebut, kedua tim mengakhiri waktu normal laga dengan skor 1-1.

Sergei Aleinikov

Aleinikov menempati posisi keempat dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa. Pemain bertahan Timnas Uni Soviet ini mencetak gol cepatnya tersebut pada laga kontra Timnas Inggris. Pada laga fase grup Euro 1988 ini, Aleinikov mencetak gol kala pertandingan baru berlangsung dua menit tujuh detik.

Pada laga yang digelar 18 Juni 1988 tersebut, Aleinikov sukses mengantarkan timnya meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Robbie Brady

Peringkat ketiga dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa ditempati oleh Robbie Braddy. Gelandang Timnas Irlandia ini mencetak gol cepatnya kala menghadapi Timnas Prancis. Dalam laga Babak 16 Besar tersebut, Brady membobol gawang Les Bleus kala laga baru berlangsung dua menit.

Namun, gol Brady ini gagal membantu timya meraih kemenangan. Dalam laga yang dihelat 26 Juni 2016 tersebut, Irlandia harus menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Robert Lewandowski

Lewandowski menempati posisi dua dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa. Penyerang Timnas Polandia tersebut mencetak gol cepat pada laga kontra Timnas Portugal di Perempat Final Euro 2016. Ia mencetak gol kala laga yang digelar 30 Juni 2016 ini baru berlangsung satu menit 40 detik.

Gol Lewandowski ini membuat Polandia mampu menahan imbang Portugal 1-1 pada waktu normal laga tersebut.

Dmitri Kirichienko

Peringkat pertama dalam daftar pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Eropa diisi oleh Dmitri Kirichenko. Penyerang Timnas Rusia ini mencatatkn rekor gol cepatnya pda laga kontra Yunani di fase grup Euro 2004. Dalam pertandingan yang dihelat 20 Juni 2004 ini, Kirichenko mencetak gol kala laga baru berlangsung semenit tujuh detik.

Gol Kirichenko sendiri sukses membawa timnya meraih kemenangan 2-1 atas Yunani.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?