Thailand U-19 vs Indonesia U-19: 1-2

reza -

timnas indonesia u-19

IDNGoal.news – Redam Thailand, Garuda Nusantara Kunci Juara 3 Piala AFF U-19 Timnas Indonesia U-19 berhasil memastikan diri menjadi juara tiga Piala AFF U-19. Menghadapi salah satu tim kuat ASEAN Thailand, Garuda Jaya berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Gol kemenangan Timnas Indonesia pada laga ini dicetak oleh Feby Eka di menit 32 dan Syahrian Abimanyu di menit 82 sementara Thailand berhasil memperkecil kedudukan melalui gol Matee Sarakhum di menit 84.

Babak Pertama

Babak Pertama

Tak ingin menelan kecewa untuk kedua kalinya, Indonesia langsung tampil menggebrak semenjak awal babak pertama. Serangan demi serangan dialirkan oleh skuat Garuda Nusantara ke gawang Thailand.

Thailand sendiri bermain cukup disiplin di awal babak pertama. Perlahan tapi pasti mereka mulai membalik keadaan, di mana setelah lima belas menit pertandingan babak pertama berlanjut mereka mulai mendominasi penguasaan bola.

Setelah melakukan jual beli serangan, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas pertama mereka di menit 33 melalui tendangan bebas Abimanyu. Namun sayang bola tendangan bebasnya itu hanya mengarah tepat ke pelukan kiper Timnas Thailand.

Satu menit berselang gol yang dinantikan para pendukung Indonesia akhirnya datang juga. Melalui skema serangan balik, Feby berhasil melewati beberapa pemain bertahan Thailand dan melepaskan tembakan mendatar ke sisi kiri gawang Thailand. Bola tersebut mengenai tiang terlebih dahulu sebelum masuk ke gawang Tim Gajah Putih. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Tertinggal 1-0, Timnas Thailand meningkatkan tempo serangan mereka. Mereka ingin segera menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir. Jelang babak pertama usai sempat terjadi keributan di lapangan setelah Todd Ferre mendorong kapten Timnas Thailand, dan akhirnya sang pemain mendapatkan kartu kuning atas aksinya tersebut. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tertinggal 1-0 di babak pertama membuat TImnas Thailand semakin ambisius dalam menyerang. Setelah kickoff babak kedua, mereka langsung melepaskan tembakan keras ke gawang Aqil Savik namun peluang itu tidak membuahkan gol.

Di 15 menit pertama babak Indonesia memang cukup kesulitan untuk meladeni permainan menyerang Thailand. Alhasil Indonesia lebih banyak bertahan di 15 menit pertama babak kedua ini.

Di menit 60 Coach Indra Sjafri memutuskan melakukan pergantian. Ia menarik keluar Feby Eka Putra dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri. Masuknya Egy ini memberikan dampak yang besar bagi Indonesia. Skuat Garuda Nusantara berhasil keluar dari tekanan dan kerjasamanya dengan Todd Ferre kerap membuat barisan pertahanan Thailand kewalahan.

Setelah melakukan beberapa percobaan, usaha Indonesia untuk menambah gol berbuah manis. Di menit 82, Abimanyu berhasil menggandakan keunggulan Indonesia setelah tembakan mendatarnya tidak mampu dihalau oleh Kiper Thailand. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Tertinggal 2 gol tidak membuat Thailand patah arang. Di menit 84, Negeri Gajah Putih berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 setelah umpan lambung Nakin Wisetchat diselesaikan oleh Matee Sarakum setelah bola tidak ditangkap sempurna oleh Aqil Savik.

1 menit sebelum pertandingan usai, Indonesia memiliki peluang emas setelah akselerasi Todd Ferre di sisi kiri berhasil mengirim umpan datar ke Egy Maulana Vikri. Egy yang tidak terkawal melepaskan tembakan namun bola masih bisa ditepis oleh kiper Thailand. Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Di akhir pertandingan, sebuah insiden terjadi di mana Egy meminta official tim untuk memberikan tabung oksigen untuk membantu pernafasan. Ia akhirnya harus ditandu keluar lapangan sambil mengenakan alat bantu pernafasan.

Medali Perunggu Kedua

Medali Perunggu Kedua

Berkat kemenangan ini, TImnas Indonesia meraih medali Perunggu kedua mereka di turnamen Piala AFF U-19.

Sepanjang turnamen ini digelar, Indonesia meraih Juara pertama pada tahun 2013 dan pada tahun 2017 mereka hanya mempu meraih medali perunggu.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?