Thibaut Courtois vs Jan Oblak: Dua Kiper Terbaik di Dunia akan Mewarnai Serunya Derbi Madrid

admin - Liga Spanyol

Thibaut Courtois dan Jan Oblak di Derbi Madrid.

IDNGoal.news – Derbi Madrid akan tersaji pada pekan ke-6 LaLiga Santander 2022/2023. Atletico Madrid akan menjamu Real Madrid pada Senin (19/9/2022) dini hari WIB di Stadion Cívitas Metropolitano.

Seperti biasanya, pertandingan ini menjanjikan pertempuran antara pemain-pemain terbaik di LaLiga Santander, termasuk pertarungan antara dua penjaga gawang yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia: Thibaut Courtois dari Real Madrid dan Jan Oblak dari Atletico Madrid.

Penggemar hanya butuh menyaksikan bagaimana Oblak bermain untuk mengerti keistimewaan penjaga gawang asal Slovenia tersebut. Pemain berusia 29 tahun tersebut juga memiliki catatan untuk memperkuat klaimnya pada takhta penjaga gawang terbaik.

Apabila mengacu pada statistik, Oblak merupakan penjaga gawang terbaik di LaLiga Santander dengan memenangkan lima penghargaan Zamora dari tujuh musim terakhir, sebuah penghargaan untuk penjaga gawang dengan rata-rata kemasukan gol per pertandingan paling rendah setidaknya dalam 28 pertandingan.

Meskipun benar bahwa ia tertolong oleh pertahanan Atleti yang terkenal solid, tidak ada yang dapat membantah bahwa Oblak berhak atas penghargaan yang diraihnya selama lima musim berturut-turut. Sepanjang sejarah, hanya legenda Barcelona Antoni Ramallets dan Victor Valdes yang mampu memenangkan penghargaan tersebut selama lima kali.

Courtois juga mengerti bagaimana rasanya memenangkan penghargaan penjaga gawang terbaik LaLiga. Terlebih, ia melakukannya saat berseragam Atletico de Madrid sebanyak dua kali (2013 & 2014) saat menjalani masa pinjaman di ibukota antara tahun 2011 dan 2014. Ia kembali memenangkan penghargaan tersebut bersama Real Madrid di musim 2019/20.

Selain kesuksesan domestiknya, Courtois baru-baru ini dinobatkan sebagai MVP di final Liga Champions 2022, ketika Real Madrid mengalahkan Liverpool 1-0.

Bagaimana perbandingan kedua nama tersebut pada Derbi Madrid?

Banyak yang menyebutkan bahwa performa seorang pemain akan semakin terlihat saat pertandingan derbi, tetapi kedua kiper ini memiliki sejarah untuk bermain baik pada kesempatan besar di ibukota.

Selama karier mereka, Oblak telah bermain di 23 Derbi Madrid dan kebobolan 25 gol, sementara Courtois bermain di 17 Derbi Madrid dan kebobolan 20 gol. Sembilan dari penampilan Courtois dicatatkan bersama Atletico Madrid, dan delapan derbi terakhirnya dicatatkan bersama Los Blancos, kebobolan 18 kali bersama Atleti dan hanya kebobolan dua kali bersama Real Madrid.

Keduanya akan menargetkan clean sheet pada derbi nanti (19/9/2022), clean sheet yang dapat membantu mereka memenangkan pertandingan dan juga perjalanan untuk menentukan siapa yang meraih penghargaan penjaga gawang terbaik LaLiga pada akhir musim.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?