Tidak Perlu Ganti Sistem, Inggris Sudah Bagus

reza -

Timnas Inggris

IDNGoal.news – Inggris sempat mendapatkan sedikit saran untuk mengganti sistem permainannya usai mengalahkan Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Rabu (4/7) lalu. Tetapi menurut eks pemainnya, Jamie Carragher, The Three Lions tidak membutuhkan perubahan.

Skuat asuhan Gareth Southgate itu terpaksa menjalani laga panjang kontra Kolombia karena bermain imbang di waktu normal. Hasil kemenangan baru benar-benar bisa diraih pada babak adu penalti, saat Jordan Pickford melakukan penyelamatan gemilang.

Reaksi positif muncul dari banyak kalangan, tapi tidak sedikit pula yang mengkritik permainan Harry Kane dkk. Salah satunya adalah Sam Allardyce, yang menganggap Inggris harus mengubah sistem permainannya untuk mendapatkan daya gedor maksimal. 

Tak Perlu Perubahan

Tetapi Carragher nampaknya tidak sepakat dengan eks pelatih Everton tersebut. Menurutnya, mengubah sistem di tengah-tengah jalannya kompetisi besar seperti Piala Dunia bisa menjadi hal yang berbahaya.

“Tidak, saya tidak sepakat dengan itu sama sekali. Mengubah sistem seringkali menjadi kelemahan dalam turnamen di masa lalu,” ujar Carragher seperti yang dikutip dari Talksport.

“Kami punya tiga pemain menyerang di belakang Kane, jadi memasukkan Rashford di sana mungkin akan jadi sama. Itu tidak megubah kreativitas dan mungkin akan mengganggu keseimbangan,” lanjutnya.

Menyoroti Lini Tengah

Ketimbang sistem, eks punggawa Liverpool itu lebih memilih untuk menyoroti lini tengah The Three Lions. Menurut pandangannya, Southgate sebaiknya sedikit mengutak-atik lini tengah karena Dele Alli masih cedera.

“Dele Alli sangat bagus di babak pertama melawan Tunisia, tetapi dia melewatkan beberapa pertandingan karena cedera. Saya tidak tahu apakah dia sudah bugar 100 persen,” tambahnya.

“Mungkin Southgate bisa mengutak-atik lini tengah dan memasukkan [Ruben] Loftus-Cheek, tapi sebaiknya tidak melakukan banyak perubahan melawan Swedia,” pungkasnya.

Selanjutnya, Inggris akan menjalani laga babak perempat final pada hari Sabtu (7/7) malam nanti dengan Swedia sebagai lawannya. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Samara Arena, Rusia.

 

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?