Timnas Australia jadi Wakil ‘ASEAN’ di Piala Dunia 2022

admin - Piala Dunia

Timnas Australia ketika merayakan kelolos ke Piala Dunia 2022

IDNGoal.news – Timnas Australia mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Australia menjadi satu-satunya negara yang di bawah otoritas AFF atau ASEAN yang lolos ke Piala Dunia 2022.

Perjuangan Australia untuk lolos ke Piala Dunia 2022 tidak mudah. Sebab, mereka harus melewati jalur play-off kontinental sebelum mengamankan satu tempat di Qatar. Jalan mereka sangat panjang.

Sebelum memainkan babak play-off interkontinental, Australia finis di posisi ketiga klasemen Grup B putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Australia kalah bersaing dengan Arab Saudi dan Jepang.

Australia kemudian memainkan babak play-off zona Asia melawan Uni Emirat Arab. Socceroos menang dengan skor 2-1 dan melanjutkan perjuangan ke play-off interkontinental.

Laga Dramatis Melawan Peru

Pada babak play-off interkontinental, Australia berjumpa Peru sebagai wakil CONMEBOL. Peru berada di posisi kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona COMNEBOL. Empat tim di atas Peru lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Laga Australia vs Peru dimainkan di Ahmad bin Ali Stadium, Qatar pada Selasa (14/6/2022) dini hari WIB. Laga berjalan cukup sengit bagi kedua tim. Namun, mereka gagal mencetak gol hingga waktu normal usai.

Peru mengandalkan Gianluca Lapadula di lini depan. Tapi, mantan bomber AC Milan itu gagal membobol gawang Mathew Ryan. Laga berakhir imbang 0-0, bahkan ketika extra time 2×15 menit. Laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Skor 4-4 ketika penendang kelima kedua tim usai menjalankan tugas. Setelah itu, Awer Nabil mencetak gol untuk Australia dan Alex Valera dari kubu Peru gagal. Australia pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Australia Wakil AFF?

Australia lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai wakil Asia. Walau, di luar sepak bola, Australia tidak masuk dalam teritoria Asia. Australia menjadi bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sejak 2013 lalu.

Australia, ketika itu, punya beberapa alasan untuk bergabung dengan AFC. Australia ingin bersaing pada level yang lebih kompetitif. Selain itu, mereka ingin mendapat peluang lebih besar bermain di Piala Dunia 2022. Sebab, zona Oseania (OFC) hanya punya 0,5 wakil (play-off lawan wakil CONCACAF) untuk lolos ke Piala Dunia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?