Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Kuncinya adalah Kemenangan Atas Kuwait

admin - Tim Nasional

Shin Tae-yong dalam laga Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (1/6/2022)

IDNGoal.news – Kemenangan atas Kuwait di laga pertama menjadi kunci kesuksesan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Hal itu diungkapkan oleh pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong.

“Sangat penting untuk mengawali pertandingan pertama dengan baik dalam turnamen seperti ini,” kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia membuka laga Grup A kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023 dengan manis. Skuad Garuda berhasil mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 pada 8 Juni lalu.

Sepasang gol Timnas Indonesia disarangkan Marc Klok pada menit ke-44 dan Rachmat Irianto pada menit ke-46. Adapun gol tunggal Kuwait dicetak Yousef Nasser pada menit ke-41.

Situasinya Sempat Berbalik

Kemenangan Timnas Indonesia jelas mengejutkan. Pasalnya, Skuad Garuda tidak diunggulkan. Faktor ranking FIFA dan privilese sebagai penyelenggara membuat Kuwait lebih diuntungkan.

“Ketika melawan Kuwait, saya pikir para pemain melakukan segalanya dan sudah memberikan yang terbaik,” imbuh Shin Tae-yong.

Seusai membekuk Kuwait, Timnas Indonesia takluk 0-1 dari Yordania pada 11 Juni 2022. Hasil minor itu membuat Witan Sulaeman dkk. harus mengejar jatah lima runner-up terbaik demi tiket ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Kemenangan Yordania atas Kuwait di Grup A dan kekalahan Filipina dari Palestina di Grup B bikin jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 menjadi lapang.

Sudah Sesuai Rencana

Timnas Indonesia berhasil menutup kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023 dengan meyakinkan setelah membantai Nepal 7-0 dalam partai ketiga Grup A pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

“Karena kami melakukan yang sangat baik dalam pertandingan pertama, pada dua partai berikutnya berjalan lebih smooth,” imbuh Shin Tae-yong.

“Timnas Indonesia pun lolos ke Piala Asia 2023. Semuanya sudah sesuai rencana kami,” terang pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?