Timnas Indonesia U-16 Jangan Diberi Beban Berlebihan

reza - Tim Nasional

Timnas Indonesia U-16 dianggap sebagai tim masa depan Indonesia

IDNGoal.newsSejumlah mantan pemain Timnas Indonesia berharap pencinta sepak bola tidak menyematkan beban berlebihan kepada Timnas Indonesia U-16 yang sedang berlaga di Piala AFF U-16 2018.

Skuat arahan Fakhri Husaini mulai menjadi buah bibir setelah mampu mengalahkan Filipina 8-0 pada laga perdana penyisihan Grup A yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (29/7).

Ponaryo mengakui penampilan Timnas U-16 cukup menjanjikan di bawah arahan mantan pesepak bola legendaris Indonesia, Fakhri Husaini. Namun, ekspektasi berlebihan masyarakat bisa jadi bumerang bagi pemain muda.

Timnas Indonesia U-16



“Hasil pertandingan perdana juga menggembirakan. Hanya satu hal yang perlu digarisbawahi adalah dukung tim ini sewajarnya, jangan menyanjung mereka secara berlebihan. Mereka ini tetap anak-anak usia 15 dan 16 tahun, jadi harus bijak juga menyikapi mereka,” kata Ponaryo, Senin (30/7).

“Dukung sewajarnya, tetap menyemangati agar jangan sampai lupa diri. Mereka butuh konsentrasi dan fokus, jangan berikan pujian yang berlebihan. Biarkan mereka menikmati pertandingan ini,” katanya menambahkan.

Ponaryo mengakui pertandingan timnas kelompok umur mulai menyita perhatian masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Ia sepakat perhatian besar seharusnya tidak tertuju pada tim senior saja. Hanya saja jangan dibebankan berlebihan.

“Inilah [para pemain Timnas Indonesia U-16] wajah sepak bola Indonesia lima sampai 10 tahun mendatang dan perlu perhatian besar. Tidak mengherankan, kita ada di Indonesia yang antusiasmenya terhadap sepak bola luar biasa,” ucap Ponaryo.

Pemain yang pernah memperkuat Sriwijaya FC dan PSM Makassar itu tak memungkiri masyarakat Indonesia rindu juara. Maka, turnamen di kelompok umur manapun diharapkan bisa juara.

“Saya pikir kerinduan itu wajar dengan negara sepak bola seperti Indonesia. Euforia boleh, tapi jangan sampai anggap satu kemenangan ini menjadikan Timnas Indonesia U-16 terbaik di dunia,” ujar Ponaryo.

“Turnamen Piala AFF 2018 masih panjang, demikian perjalanan mereka di dunia sepak bola sampai level senior. Jangan sekali menang disanjung kemudian ketika kalah juga dicaci maki,” ujarnya kembali.

Perlu Dievaluasi

Senada dengan Ponaryo, mantan pemain Timnas Indonesia lainnya, Indriyanto Nugroho, juga menilai permainan Timnas Indonesia U-16 sudah bagus. Akan tetapi, Indriyanto menyampaikan masih banyak yang perlu diperbaiki.

“Apalagi Filipina masih jauh di bawah Indonesia, pertandingan berikutnya lawan Myanmar dan Vietnam itu ujian yang sebenarnya. Dengan kemenangn 8-0 itu sangat puas, kami puas lihatnya dan bangga. Laga selanjutnya jangan sampai terlena,” tutur Indriyanto.

“Mudah-mudahan coach Fakhri bisa berikan motivasi dan jangan jemawa. Mungkin Timnas Indonesia U-16 masih ada masalah soal komunikasi dan akurasi umpan, tapi secara keseluruhan sudah tampil bagus,” tuturnya lagi.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?