Total Kane-Grealish Lebih dari 4 Triliun Rupiah, Man City Dapat Uang dari Mana?

robin -

Pep Guardiola

IDNGoal.news – Manchester City mungkin membuat gempar bursa transfer musim panas ini jika berhasil mendatangkan dua pemain dengan harga tinggi: Harry Kane dan Jack Grealish.

Bursa transfer musim panas ini cukup lesu. Klub-klub top terdampak pandemi virus corona, jadilah modal belanja mereka tidak sebesar musim-musim sebelumnya.

Menurut Goal internasional, memasuki bulan Agustus ini baru ada 3 transfer bernilai lebih dari 50 juta pounds, jauh dibandingkan dengan 17 transfer bernilai serupa dua tahun yang lalu.

Menariknya, di tengah bursa transfer yang relatif sepi, Man City mungkin membuat gebrakan dengan pembelian Kane dan Grealish sekaligus. Bisakah?

Bakal pecahkan rekor transfer

Sejauh ini, transfer kedua pemain tersebut sama-sama alot. Man City disebut harus mengeluarkan 100 juta pounds untuk Grealish dan lebih dari 100 juta pounds untuk Kane.

Artinya, total Man City mungkin harus mengeluarkan lebih dari 200 juta pounds atau sekitar 4 triliun rupiah untuk mendapatkan dua pemain tersebut.

Jelas angka tersebut luar biasa besar. Man City akan memecahkan rekor transfer Premier League yang sejauh ini masih dipegang Manchester United saat mendatangkan Paul Pogba dari Juventus (89,3 juta pound).

Masalahnya, bagaimana bisa Man City membiayai transfer sebesar itu ketika klub-klub top lainnya kesulitan?

Pundi-pundi uang Man City

Pertama, sumber pemasukan terbesar Man City di tengah pandemi seperti ini datang dari hak siar televisi. Klub-klub Premier League lain juga merasakannya, terbukti MU telah merekrus Sancho dan Varane, lalu Chelsea disebut akan mengeluarkan banyak uang untuk striker baru.

Dalam kasus Man City, situasinya jauh lebih menguntungkan. Mereka berhasil menjuarai Premier League dan Carabao Cup musim lalu, plus mencapai final Liga Champions. Uang dari kompetisi-kompetisi tersebut juga cukup besar.

Selain itu, Man City juga sudah berhemat di bursa transfer Januari kemarin. Mereka tidak mendatangkan pemain baru, artinya ada uang ekstra untuk musim panas ini.

Bakal jual pemain?

Tentu saja, membeli Kane dan Grealish sekaligus bakal luar biasa mahal. Man City tidak bisa mengandalkan uang hak siar atau uang juara musim lalu.

Terbukti, sejauh ini Man City telah melepas beberapa pemain untuk mengurangi beban gaji. Mereka juga mungkin menjual beberapa pemain top lainnya demi Kane dan Grealish.

Sebut saja Brnardo Silva yang dikabarkan bakal pergi, lalu ada kasus Aymeric Laporte yang mencuri perhatian banyak klub besar.

Tanpa penjualan pemain-pemain inti itu, sulit membayangkan bagaimana Man City bisa menuntaskan pembelian Kane dan Grealish sekaligus.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?