UEFA Ingin Bikin Turnamen Baru Sebelum Liga Champions Dimulai, Cuma Demi Cuan Kah?

admin - BolaTainment

UEFA

IDNGoal.news – Badan sepak bola Eropa UEFA dikabarkan ingin menggelar turnamen baru yang melibatkan tim juara Liga Champions dan tiga klub top benua biru lainnya.

Sejak musim 2021/22 kemarin, UEFA menambah turnamen antarklub Eropa dengan pentas UEFA Europa Conference League yang pada akhirnya sukses dimenangi AS Roma.

Mundur ke belakang lagi, UEFA juga mengisisiasi perhelatan turnamen antarnegara bertajuk UEFA Nations League yang menggantikan pertandingan persahatan saat jeda internasional.

Keinginan UEFA

Kini seperti dilansir L’Equipe, UEFA diklaim ingin menyelenggarakan turnamen mini sesaat sebelum ajang Liga Champions digelar. UEFA ingin agar turnamen baru ini dihelat di Amerika Serikat.

Nantinya, turnamen ini bakal diikuti empat klub peserta. Salah satu dari empat klub ini merupakan pemenang Liga Champions edisi terakhir.

Turnamen mini ini akan menggelar dua partai semifinal dan satu partai final. UEFA berencana menggelarnya pada Agustus dan mereka sudah mengajukan proposalnya ke sejumlah calon pemegang hak siar Liga Champions 2024 hingga 2027.

Mendapat Tentangan

Ide UEFA ini pun ditentang oleh UNFP, persatuan pemain profesional di Prancis. Mereka takut bahwa penambahan agenda sepak bola ini bakal membuat para pemain semakin kelelahan.

“Lembaga sepak bola Eropa hanya ingin mengatur kantongnya tanpa memperhatikan kesehatan para pemain, dan tanpa memperhatikan tontonan sepak bola,” tulis UNFP dalam pernyataannya.

UEFA sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan menambah jumlah kontestan Liga Champions menjadi 36 tim mulai musim 2024/25 mendatang.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?