VAR Resmi Hadir di Liga Champions, Guardiola Gembira

reza - Liga Champion

VAR Liga Champions

IDNGoal.news – UEFA mengumumkan bahwa VAR akan mulai digunakan pada fase gugur Liga Champions 2018/19 musim ini sebagai langkah awal menerapkan kompetisi yang lebih adil. VAR juga dipastikan hadir di kompetisi Eropa musim depan dan seterusnya.

Pergerakan UEFA terbilang terlambat. Sebelumnya, Serie A sudah memulai, Bundesliga, La Liga juga menerapkan VAR. Bahkan FIFA memutuskan penggunaan VAR pada Piala Dunia 2018 lalu untuk menciptakan kompetisi yang lebih adil.

Kehadiran VAR memang tak bisa lagi dihindari. Terbukti, VAR sukses menciptakan kompetisi yang lebih adil pada Piala Dunia lalu. UEFA pun akhirnya menerapkan VAR sejak babak 16 besar mendatang.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengaku sebagai salah satu pihak yang gembira dengan hadirnya VAR.

Guardiola mengaku puas dengan kehadiran VAR karena fasilitas itu bisa menciptakan kompetisi yang lebih adil. Dia bahkan mengalaminya sendiri musim ini, saat timnya mendapat penalti karena wasit salah menilai jatuhnya Raheem Sterling di laga kontra Shakhtar Donetsk.

“Saya puas dengan itu [penggunaan VAR]. Premier league adalah yang terakhir,” ujar Guardiola kepada fourfourtwo mengacu pada penggunaan VAR di Premier League mulai musim 2019/20 mendatang.

“Musim ini, gol kedua ke gawang Shakhtar adalah penalti yang buruk. Saya tak mau berbicara soal keuntungan dan apa yang terjadi pada musim lalu dengan Mateu Lahoz[wasit di laga Man City kontra Liverpool.”

“Sekarang, dengan VAR, kami berusaha membuat keputusan lebih baik di sepak bola. Saya selalu mengatakan bahwa wasit ingin melakukan pekerjaannya dengan baik,” sambungnya.

Dikatakannya, sepak bola adalah tempatnya masalah dan kesalahan terjadi. Sepak bola berjalan sangat cepat, dan bukan salah wasit sepenuhnya jika dia membuat kesalahan. Itulah sebabnya VAR dibutuhkan.

“Di Spanyol dan di tempat lain, VAR berjalan dengan baik. Mungkin akan ada kesalahan dan pekan berikutnya kami akan menuntaskan kesalahan itu.”

“Sepak bola adalah permainan dengan kesalahan, pada dasarnya demikian. Karena itulah kami bekerja keras untuk menghindari kesalahan dan wasit juga demikian. Wasit ingin melakukan pekerjaan baik,” sambungnya.

“Keputusan kadang dibuat pada aksi yang hanya ditentukan dalam hitungan sentimeter. [VAR] akan membantu, saya senang dengan itu.”

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?