VAR, Wasit Final Piala Dunia 2018 Panen Kritikan

reza -

Ivan Perisic

IDNGoal.news – Kemenangan Prancis atas Kroasia dalam laga final Piala Dunia 2018 hari Minggu (15/7) kemarin sempat mengundang kontroversi kecil. Dan sang wasit, Nestor Pitana, pun menjadi sasaran kritikan publik karena keputusannya.

Pitana langsung menunjuk titik putih setelah menyaksikan rekaman dari Video Assistant Referee, atau yang dikenal dengan sebutan VAR. Pria asal Argentina itu melihat pemain Kroasia, Ivan Perisic, menyentuh bola di area kotak penalti.

Griezmann, sang eksekutor, dengan tenang berhasil menjebol gawang yang dikawal oleh Danijel Subasic. Setelah itu, Prancis pun berhasil mencetak dua gol lainnya dan menutup pertandingan dengan kemenangan 4-2 atas Kroasia.

Kritikan Wasit di Twitter

Insiden tersebut lantas membuat sang wasit dibombardir oleh kritikan dari berbagai warganet, beberapa di antaranya merupakan sosok yang tidak asing di dunia sepakbola. Salah satunya adalah legenda hidup Inggris, Alan Shearer.

“Semuanya berjalan terlalu baik! Keputusan konyol. TIDAK, TIDAK, TIDAK, VAR #FRACRO #Worldcup2018Russia,” tulis Shearer melalui akun Twitter pribadinya, @alanshearer.

Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, juga turut menyumbangkan rasa kecewanya melalui Twitter. Ia menyebutkan bahwa keputusan tersebut murni kesalahan wasit, bukan VAR.

Shearer melanjutkan kritikannya kepada sang wasit saat sedang mengisi sebuah acara di BBC. Ia mengatakan bahwa Kroasia tidak pantas mendapatkan kekalahan itu.

“Kroasia sangat brilian. Mereka tidak memberi Prancis ruang dan mereka kalah di pertandingan ini dari tendangan bebas yang seharusnya tidak terjadi, dan dari penalti yang juga seharusnya tidak terjadi,” tambah Shearer.

 

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?