Waduh! Meski Sudah Tarik Tuas Ekonomi, Barcelona Ternyata Masih Ngutang Rp2,1 Triliun ke 4 Klub

admin - Liga Spanyol

Para pemain Barcelona merayakan gol ke gawang Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol 2022/2023 pekan ke-3, Senin (29/8/2022) dini hari WIB.

IDNGoal.news – Raksasa La Liga, Barcelona dikabarkan masih memilih utang dengan nilai cukup fantastis kepada empat klub berbeda meski sudah menarik tuas ekonomi sepanjang musim panas kemarin.

Pada jendela transfer musim panas kemarin, Barcelona melakukan aktivitas cukup jor-joran. Barca tercatat merekrut sederet pemain top dengan biaya total mencapai 155 juta Euro.

Sebagian pemain yang direkrut sempat tak bisa didaftarkan karena kondisi finansial Barca tak memenuhi syarat. Klub Catalan itu pun harus menarik tuas ekonomi hingga empat kali demi bisa mendaftarkan pemainnya.

Utang ke Liverpool

Kini seperti dikabarkan wartawan Radio Catalunya, Laia Tudel, Barcelona rupanya masih memiliki utang kepada sejumlah klub atas perekrutan pemain dalam beberapa tahun terakhir.

Barcelona saat ini tercatat masih memiliki utang sebesar 14 juta Euro kepada Liverpool atas pembelian Philippe Coutinho pada 2017 silam.

Coutinho sendiri terbilang gagal total selama di Barcelona. Playmaker asal Brasil itu sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan kini sudah dijual ke Aston Villa.

Utang ke Ajax

Klub kedua yang hingga kini masih memiliki piutang kepada Barcelona adalah Ajax Amsterdam. Piutang ini terkait kepindahan gelandang Frenkie de Jong pada 2019 lalu.

Utang Barca atas perekrutan De Jong kabarnya bernilai 32 juta Euro. De Jong sendiri sempat gencar dikaitkan dengan Manchester United, tetapi musim ini ia tetap berada di skuad Barca.

Satu lagi utang Barca kepada Ajax adalah terkait perekrutan Sergino Dest pada Oktober 2022 lalu. Utang ini kabarnya bernilai 10 juta Euro. Dest sendiri saat ini sudah dilepas ke AC Milan.

Utang ke Juventus

Satu lagi klub yang hingga saat ini masih memiliki piutang kepada Barcelona adalah Juventus. Piutang ini terkait proses kepindahan gelandang Miralem Pjanic pada 2022 lalu.

Saat itu, Barca memberikan Arthur Melo kepada Juventus untuk menurunkan nilai transfer Arthur. Namun, hingga kini mereka masih berutang 36 juta Euro kepada Juventus.

Pjanic sendiri musim panas kemarin resmi mengakhiri kontraknya bersama Barca lebih cepat dari jadwal. Pjanic kini memperkuat klub Uni Emirat Arab, Sharjah FC.

Utang ke Manchester City

Utang terakhir Barcelona adalah kepada Manchester City atas perekrutan Ferran Torres pada Januari 2022 kemarin. Utang ini bernilai 52 juta Euro.

Torres sempat menjadi andalan di lini depan Barcelona sebelum kini mulai tergusur dengan kedatangan Raphinha.

Total, utang Barcelona kepada empat klub atas lima pemain di atas mencapai 144 juta Euro atau setara dengan kurang lebih 2,1 triliun Rupiah.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?