Xabi Alonso atau Steven Gerrard Layak Jadi Suksesor Jurgen Klopp di Liverpool

admin - Liga Inggris

Manajer Aston Villa Steven Gerrard.

IDNGoal.news – Setelah tujuh musim yang membanggakan bersama Liverpool, manajer Jurgen Klopp menemui masa kelamnya di tahun kedelapan menangani The Reds. Banyak suara sumbang di publik yang meminta pelatih asal Jerman itu dipecat.

Desas-desus Klopp akan keluar memang belum berhembus kencang. Apalagi saat ini kontraknya masih ada sampai 2026. Namun, jika Liverpool tidak kunjung mengalami perbaikan, bisa saja karier Klopp usai lebih cepat.

Jika memang benar pergi, Danny Murphy menyarankan dua nama yang menurutnya layak jadi suksesor Klopp di kursi kepelatihan Liverpool. Mereka adalah dua eks Liverpool itu sendiri, Xabi Alonso dan Steven Gerrard.

“Saya rasa Steven Gerrard atau Xabi Alonso layak menangani Liverpool. Tentu saja bisa,” kata dia dilansir dari Anfield Watch.

Belum Ada Prestasi

Terlepas dari saran tersebut, Murphy sadar bahwa dua pelatih tersebut belum ada prestasi apapun di dunia pelatih. Sebaliknya, Xabi dan Gerrard justru kesulitan menangani tim mereka masing-masing.

“Saya tidak berpikir bahwa saat ini salah satu dari mereka telah membuktikan diri bahwa mereka pantas untuk itu [jadi pelatih Liverpool],” ucap dia.

Gerrard saat ini menjadi manajer Aston Villa. Sedangkan Xabi baru saja mendapatkan kerjaan baru di Bayer Leverkusen.

Belum Mau Ada Perubahan

Di sisi lain, mengganti Klopp belum menjadi keputusan bulat penggemar di seluruh dunia. Klopp dinilai masih layak, hanya kondisi Liverpool saja yang tidak memungkinkan, seperti badai cedera yang datang di awal musim.

Apabila ada pergantian pun, Gerrard dan Xabi tampaknya akan berada di prioritas terakhir. Tidak ada satupun penggemar Liverpool yang percaya dua pemain yang pernah jaya sebagai pemain melakukan hal yang sama sebagai pelatih.

“Saya tidak berpikir ada penggemar Liverpool di planet ini, yang walaupun tidak puas dengan awal musim, akan memikirkan kemungkinan mengganti Klopp. Saya tidak melihat itu sama sekali,” ucap Murphy.

Tujuh Trofi

Klopp menjadi sosok yang mengangkat Liverpool dari performa kelam selama bertahun-tahun. Di tangan pelatih berusia 55 tahun ini, tujuh trofi tim berhasil diraih.

Piala-piala prestisius berhasil direbutnya. Bahkan, seluruh kompetisi sudah pernah dijuarainya. Mulai dari Liga Inggris, Piala Inggris, Piala FA, Community Shield, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?