Xavi 2008/09: Raja Assist Pilar Penting Treble Barcelona

robin -

Xavi

IDNGoal.news – Musim 2008/09 adalah awal sebuah era baru dalam sejarah Barcelona. Bersama pelatih anyar Josep Guardiola, Barcelona menjadi tim Spanyol pertama yang meraih treble La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions Eropa. Xavi dengan kreativitasnya adalah salah satu pilar penting di balik kesuksesan mereka.

Xavi sebelumnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2008. Dia baru saja berkontribusi penting membantu Spanyol menjadi juara dan meraih titel kedua mereka.

Di musim panas, gelandang yang sudah memperkuat Barcelona sejak 1998 itu sejatinya bicara dengan Bayern Munchen tentang kemungkinan pindah ke Jerman. Namun, Guardiola meyakinkan Xavi untuk bertahan.

Xavi waktu itu terlalu berharga untuk dilepaskan. Xavi akhirnya bertahan di Barcelona.

Gol di Final Copa del Rey

Xavi merupakan salah satu pilar utama di balik kesuksesan treble Barcelona. Kontribusinya luar biasa.

Xavi mencetak gol keempat Barcelona dalam kemenangan 4-1 atas Athletic Bilbao di final Copa del Rey 2009. Dia mencetak gol itu lewat eksekusi tendangan bebas.

Real Madrid 2-6 Barcelona, Xavi 4 Assist

Di La Liga musim itu, salah satu performa terbaiknya adalah ketika Barcelona mempermalukan Real Madrid 6-2 dalam duel penuh gengsi bertajuk El Clasico. Dalam laga 2 Mei 2009 di Santiago Bernabeu itu, Xavi menyumbang empat assist.

Xavi merancang assist untuk gol-gol Carles Puyol, Thierry Henry, dan Lionel Messi (2).

Gelandang Terbaik Liga Champions

Xavi juga berkontribusi penting di final Liga Champions 2009 melawan Manchester United. Barcelona menang 2-0 lewat gol-gol Samuel Eto’o dan Lionel Messi.

Xavi merancang assist untuk gol Messi, yang dicetak superstar Argentina itu dengan sundulan.

Xavi terpilih sebagai Man of the Match versi UEFA. Tak hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai Gelandang Terbaik Liga Champions musim tersebut.

Raja Assist

Xavi merajai daftar assist di La Liga sekaligus Liga Champions musim itu. Xavi mengukir 22 assist di La Liga, dan 7 assist di Liga Champions. Dia juga mengukir 1 assist di Copa del Rey.

Di musim 2008/09 itu, Xavi memperpanjang kontraknya dengan Barcelona hingga 2014. Kontrak baru itu membuatnya menjadi salah satu pemain dengan gaji terbesar di klub, yakni €7,5 juta per tahun.

Namun, itu sama sekali tidak berlebihan. Pasalnya, Xavi adalah raja assist dan pilar penting di balik kesuksesan treble Barcelona.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?