Xavi untuk Barcelona: Masih Penguasaan Bola, tapi Formasi Bebas

robin -

Xavi

IDNGoal.news – Satu lagi suara yang mendukung Xavi untuk kembali ke Barcelona sebagai pelatih. Kali ini ada Santi Cazorla yang bicara soal kemampuan pelatihnya tersebut.

Nama Xavi semakin ramai disebut dalam dua pekan terakhir, khususnya sejak Barcelona memecat Ronald Koeman. Sebagai mantan pemain, Xavi dianggap sebagai kandidat ideal.

Xavi sudah sangat mengenal identitas dan gaya main Barca. Dia juga sudah punya cukup pengalaman sebagai pelatih dalam beberapa tahun terakhir.

Tercatat, sejak tahun 2019 lalu Xavi sudah bekerja melatih tim asal Qatar, Al Sadd. Dia sudah mempersembahkan 7 trofi untuk tim tersebut

Kata Cazorla

Kualitas Xavi sebagai pelatih dikonfirmasi langsung oleh Cazorla. Tahun 2020 lalu, Xavi memboyong Cazorla ke Al Sadd untuk jadi salah satu pemainnya.

Artinya Cazorla sudah menghabiskan beberapa bulan di bawah bimbingan Xavi. Dia tahu suatu saat Xavi akan kembali ke Barcelona.

“Saya menyadari bahwa setelah kepergian Koeman, ada spekulasi soal kemungkinan kepulangan Xavi ke Barcelona,” ujar Cazorla kepada Marca.

“Saya bersikap tenang dan saya lihat dia juga demikian. Rumor ini sudah terdengar cukup lama dan yang jelas dia sudah sangat siap, saya mengharapkan yang terbaik untuk dia.”

Penguasan bola, formasi fleksibel

Menjadi pelatih Barcelona memang bukan tugas sembarangan. Tidak semua pelatih bisa sukses di Barca, sebab ada tradisi dan filosofi bermain yang harus dijaga.

“Sejak awal, Xavi punya gagasan jelas, gaya bermain Barcelona yang komplet. Xavi terobsesi penguasaan bola, tapi tidak dengan formasinya,” lanjut Cazorla.

“Dia bisa mengubah formasi sesuai dengan lawan. Xavi membuat Al Sadd mau merekrut saya dan memercayai saya,” pungkasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?